Kamis, 17 April 2014

Cara Merubah Mood Dari Negatif Menjadi Positif


Cara Merubah Mood Dari Negatif Menjadi Positif

Cara Merubah Mood Dari Negatif Menjadi Positif
Beberapa orang mudah sekali berubah mood-nya dalam seketika. Entah itu karena faktor hormon atau karena hal lain. Perubahan mood dari negatif ke positif, tidak akan menjadi soal. Hal itu sudah pasti meberi dampak baik bagi diri sendiri dan juga orang di sekitar. 
 
Namun lain halnya jika tiba-tiba mood 360 derajat berubah menjadi negatif. Tentu tidak hanya akan berpengaruh pada aktivitas yang akan anda lakukan selanjutnya, tapi juga pada keadaan dan orang di sekeliling Anda. 
 
Dilansir dari ketahuilah, Gretchen Rubin, penulis The Happiness Project, mengatakan, “Anda tak perlu merasa egois saat sedang ingin membahagiakan diri sendiri. Sebab penelitian menunjukkan, seseorang yang lebih bahagia memberikan manfaat baik bagi dirinya. Dan seseorang yang bahagia lebih mudah bergaul, disenangi banyak orang, sehat, dan produktif.”

Berikut beberapa cara mengembalikan mood yang hilang dalam 30 menit:

Mempelajari hal baru
Pilih subyek yang memancing rasa ingin tahu. Cobalah, manfaatkan 15 menit waktu Anda untuk mencari informasi di internet dan nikmatilah waktu tersebut untuk membacanya. Pergi mengunjungi toko buku juga bukanlah ide yang buruk. Belilah buku yang bisa memuaskan rasa ingin tahu. Pastikan memilih topik yang anda sukai dan menyenangkan, bukan topik yang anda butuhkan atau harus diketahui.

Tunjukkan bahwa anda bahagia dengan senyuman
Siapa yang ingin mendekati orang berwajah cemberut atau jutek? Tersenyumlah. Secara tidak anda sadari, senyuman daapt meningkatkan mood lho. Selain itu, wajah yang dihiasi senyuman memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang bersahabat dan mudah bergaul.

Selamatkan hidup seseorang
anda tidak harus menjadi manusia super, kebal terhadapt api atau perluru untuk melakukannya. Mendonorkan darah menjadi salah satu cara yang mudah dilakukan. Santunan darah dari anda bisa menyelamatkan orang lain. Dan melakukan sesuatu yang berharga akan membuat anda merasa berharga.

Berbuat baiklah untuk orang lain
Saat teman meminta bantuan anda dalam mencari informasi tertentu, segera ambil kesempatan ini. Perkenalkan Ia dengan teman anda yang bisa membantunya mendapatkan informasi tersebut. Melakukan sesuatu yang berguna membuat anda lebih merasa positif.

Lakukan pekerjaan yang berbeda dari biasanya
Ciptakan suasana baru di rumah. Saat bosan dengan rutinitas, ciptakan kegiatan baru yang jarang atau tak pernah anda lakukan. Misalnya, merapikan isi lemari pakaian atau lemari buku, atau jika biasanya pekerjaan berbenah dapur sepenuhnya menjadi tanggung jawab pekerja rumah tangga, maka ambil alih sementara. Cukup 10 menit saja, lakukan pekerjaan asing yang jarang anda lakukan.

Singkirkan pekerjaan yang menyebalkan
Sementara waktu, tinggalkan semua jadwal atau tugas yang hanya akan memperburuk mood. Misalnya, masalah seputar asuransi yang harus anda selesaikan, membeli sejumlah kebutuhan yang memusingkan, atau menjadwalkan ulang janji bertemu seseorang untuk urusan tak menyenangkan yang tidak terlalu penting. Meninggalkan sejumlah tugas tak menyenangkan sementara waktu akan memberikan kesenangan yang bisa memperbaiki mood anda.

Berkomunikasi
Lakukan komunikasi dengan teman lama, melalui surat elektronik, atau apa pun fasilitas yang nyaman bagi anda. Atau, jalinlah hubungan dengan teman baru. Membangun ikatan emosi dengan orang lain membuat suasana hati lebih positif. anda tak hanya sedang memoles keramahan diri, tetapi juga membuat orang lain lebih ramah kepada anda. Dengan menjalin komunikasi, anda juga memperkuat emosi dan kehangatan persahabatan dengan orang lain. Hal ini akan membuat anda lebih merasa bahagia. 

Berjalan kaki di alam terbuka
Yup, udara segar dan pemandangan indah memang dapat menumbuhkan energi positif dalam diri anda. Jika anda tinggal di perkotaan, mungkin akan sulit mendapatkan hal itu. Namun, bukan berarti anda harus mengurung diri di kamar atau ruangan, sempatkanlah berjalan kaki di alam terbuka. Misalnya di taman kota atau mungkin berkeliling komplek perumahan. Sebab menurut sebuah menelitian, cahaya alami luar ruang menstimulasi otak yang bisa meningkatkan mood.

Pompa energi dengan meningkatkan aktivitas
Meningkatkan level aktivitas bisa dilakukan kapan saja. Saat menerima telepon misalnya, jangan hanya duduk diam. Berdirilah atau lakukan jalan kecil. Jika ada tangga, mengapa harus menggunakan elevator? Manfaatkan fasilitas yang bisa membantu anda memompa energi lebih kuat lagi. Atau, berjalanlah 10 menit di sela-sela waktu kerja.
So, bagaimana mood anda hari ini?

///Sumber: ////

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...