Minggu, 27 November 2011

Cara Meningkatkan Produktifitas dengan Kekuatan Fokus


Cara Meningkatkan Produktifitas dengan Kekuatan Fokus

The Power Of Fokus - Jika selama ini anda berhayal mendapatkan hasil maksimal dari sebuah pekerjaan, apa saja yang anda lakukan? Jika anda selama ini sudah benyak mengerjakan pekerjaan dan mendapat hasil yang optimal, bagaimana anda melakukannya dan bagaimana cara meningkatkannya?
latihan menembak
Jika Anda Tidak Bisa Fokus - Anda Ibarat Menembak Dengan Menutup Mata Tanpa Pernah Berlatih Sebelumnya
Postingan kali ini akan mengupas tentang kekuatan dari fokus yang akan mengubah gaya kerja anda dan tentunya akan sangat mempengaruhi hasil yang didapat.
Mari kita mulai…
Setiap orang memiliki kekuatan fokus yang berbeda-beda. Ada yang memiliki tingkat fokus yang sangat bagus, sehingga bisa mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Ada juga orang yang membutuhkan fokus untuk setiap pekerjaan satu per satu, jika mengerjakan dalam waktu secara bersamaan maka hasilnya berantakan. Anda termasuk orang tipe yang mana?
Ada banyak orang yang hampir kelabakan ketika mengeksekusi setiap rencana yang sudah disusun sebelumnya. Dari mulai pekerjaan, belajar dan rencana-rencana lainnya. Hal-hal yang harus anda lakukan untuk mencurahkan fokus yang lebih besar ke arah mana / ke pekerjaan yang mana, adalah dengan membuat sebuah list dengan urutan sesuai dengan tingkat kepentingannya dan sesuai prioritas diri anda.
Sangat penting – penting – biasa – tidak penting
Jika sesuatu yang masuk ke kategori  yang “sangat penting” itu ada banyak, susun lagi berdasarkan tingkat kepentingannya (Seberapa bahaya jika tidak segera dieksekusi).
Sangat bahaya – bahaya – bisa ditunda (meskipun bahaya)
Ukur satu per satu dengan menulis masing-masing 5 daftar resiko terburuk yang akan anda terima jika anda tidak segera melakukannya, dan berikan 5 keuntungan terhebat jika anda segera melakukannya.
5 Resiko terburuk
  1. ………………………………………….
  2. ………………………………………….
  3. ………………………………………….
  4. ………………………………………….
  5. ………………………………………….
5 Keuntungan terbesar jika anda segera melakukannya
  1. ………………………………………….
  2. ………………………………………….
  3. ………………………………………….
  4. ………………………………………….
  5. ………………………………………….
Terus lakukan semua langkah di atas ke semua daftar rencana anda, sesuai dengan tingkat prioritas dan sesuai dengan apa yang tadi saya jelaskan. Dengan cara ini anda bisa menentukan kemana dan apa saja yang harus segera anda lakukan dan mana yang bisa anda tunda.
Dan, inilah beberapa alasan yang sangat kuat mengapa anda harus bisa fokus kepada setiap pekarjaan yang anda kerjakan:
1. Anda butuh fokus jika anda punya tujuan
Mencapai sebuah tujuan yang jelas seperti yang sudah saya tunjukan di awal-awal, anda membutuhkan fokus jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Bohong jika anda fokus tetapi tidak punya tujuan. Maka dari itu, anda harus memilikinya terlebih dahulu.
2. Segala sesuatu ada godaannya
Anda membutuhkan fokus karena memang segala sesuatunya selalu ada godaan yang akan menghambat anda tumbuh dan berkembang. Fokuslah ke tujuan anda…
3. Butuh keberaniaan & waktu
Untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan proses, tidak ada kata instant dalam hidup, kecuali anda menganggap hidup ini seperti mie gelas, tinggal tuang langsung jadi.
Butuh keberaniaan dalam bertindak dan butuh waktu selama anda bertindak. Semua saling berkaitan erat. Dan, untuk fokus pun anda harus berani dalam mengambil tindakan untuk melakukan “fokus ke yang akan dikerjakan”. Yah, mungkin anda akan kehilangan banyak waktu dengan keluarga, anak dan pasangan anda (mungkin).
Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu. Jika anda bisa melakukannya, anda bukan hanya akan bisa meningkatkan kualitas hasil pekerjaan anda, tetapi anda juga bisa meningkatkan produktifitas anda. Karena anda akan terus memiliki sesuatu untuk dikerjakan jika anda fokus kepada tujuan anda. sangat penting anda membuat daftar rencana hidup karena dengan cara itu tidak akan ada kata waktu nganggur.
Jika ingin menambahkan silahkan tinggalkan di kotak komentar di bawah ini. Saya menunggu komentar terbaik dari anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...