Wawancara Kerja Yang Efektif
Dear TA, AsMod dan KoKiers,
Di era persaingan dunia kerja yang ketat, begitu banyak lulusan terbaik dari berbagai sekolah maupun universitas terkemuka, minimnya tingkat ketrampilan, belum ada pengalaman bekerja, menyebabkan mencari pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan dan ilmu yang kita miliki saat duduk di bangku sekolah atau kuliah merupakan suatu tantangan bagi sebagian pencari kerja.
Bagi sebagian orang begitu mudah untuk mendapatkan pekerjaan, begitu lulus dari SMU atau kuliah sambil bekerja, tetapi tidak bagi sebagian orang, memiliki ijasah dengan predikat lulusan terbaik, tetapi masih saja menganggur, padahal sudah puluhan surat lamaran bekerja dikirim via email maupun dengan cara konvensional lewat jasa pos, bahkan seringkali mendapat panggilan untuk wawancara kerja, tetapi hasilnya tetap saja nihil.
Seringkali kita merasa persyaratan yang tertera pada iklan lowongan bekerja telah sesuai dengan kualifikasi kita, berbagai test di perusahaan seperti psikotest dan test ketrampilan telah kita jalani, wawancara pun telah kita lalui, tetapi kita masih belum berhasil mendapat pekerjaan yang kita inginkan.

Beberapa bulan sebelum lulus kuliah, saya sudah diterima bekerja di sebuah perusahaan konsultan yang terletak di jalan Sudirman, Jakarta Selatan setelah mengikuti serangkaian test, seperti test psikologi, test ketrampilan dalam bahasa Inggris dan wawancara oleh dua orang manager perusahaan konsultan, bahkan salah satu manager adalah orang asing, dan wawancara dilakukan dalam bahasa Inggris.
Berbekal dari bahasa Inggris hasil kursus semasa kuliah, kuberanikan diri untuk menjawab pertanyaan dari manager, tanpa mempedulikan benar atau tidak grammar, yang penting percaya diri, dapat menjawab dengan lancar dengan semua pertanyaan yang diajukan kepadaku, dan tak kalah pentingnya adalah berdoa kepada Tuhan, agar semuanya berjalan dengan lancar.
Dua minggu setelah wawancara kerja tersebut, saya pun diterima bekerja di perusahaan konsultan, beberapa teman kuliah tidak lolos saat test tertulis dan beberapa lainnya gagal saat wawancara bekerja, padahal kalau dilihat dari indeks prestasi kumulatif teman kuliahku pun cukup baik dan bahasa Inggrisnya pun jauh lebih baik dibandingkan dengan saya.
Berbekal dari bahasa Inggris hasil kursus semasa kuliah, kuberanikan diri untuk menjawab pertanyaan dari manager, tanpa mempedulikan benar atau tidak grammar, yang penting percaya diri, dapat menjawab dengan lancar dengan semua pertanyaan yang diajukan kepadaku, dan tak kalah pentingnya adalah berdoa kepada Tuhan, agar semuanya berjalan dengan lancar.
Dua minggu setelah wawancara kerja tersebut, saya pun diterima bekerja di perusahaan konsultan, beberapa teman kuliah tidak lolos saat test tertulis dan beberapa lainnya gagal saat wawancara bekerja, padahal kalau dilihat dari indeks prestasi kumulatif teman kuliahku pun cukup baik dan bahasa Inggrisnya pun jauh lebih baik dibandingkan dengan saya.

Setelah bergabung beberapa tahun di perusahaan tersebut, saya pun mengundurkan diri untuk mencari pengalaman kerja di bidang usaha lain, dan kini saya bekerja di sebuah perusahaan, saya pun sering diminta untuk membantu Human Resources Department untuk melakukan seleksi calon karyawan baru.
Jika sedang semangat dalam hunting job, biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu pagi, saya sudah duduk manis di sofa, sambil membaca lowongan pekerjaan di surat kabar yang berperedaran nasional, lowongan kerja sesuai dengan kualifikasi saya, dan saya akan menggunting iklan lowongan tersebut, dan pada siang harinya saya langsung membuat surat lamaran di lap top, dan segera mengirimkan via email address, kalau dulu sih menggunakan jasa pos, sampai petugas di loket pos pun mengenali saya, terlalu seringnya bolak balik ke kantor pos.
Saya meminta informasi lowongan pekerjaan juga dari teman-teman kuliah ataupun rekan kerja di perusahaan konsultan atau mengirimkan surat lamaran ke perusahaan yang saya incar, meskipun pada saat tersebut tidak ada iklan lowongan, biasanya kalau menggunakan cara mencari pekerjaan ini harus sabar, karena hasilnya terkadang baru kelihatan setelah beberapa bulan kemudian, dan hal ini tidak menjadi masalah, karena saya pun masih bekerja di perusahaan.
Jika sedang semangat dalam hunting job, biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu pagi, saya sudah duduk manis di sofa, sambil membaca lowongan pekerjaan di surat kabar yang berperedaran nasional, lowongan kerja sesuai dengan kualifikasi saya, dan saya akan menggunting iklan lowongan tersebut, dan pada siang harinya saya langsung membuat surat lamaran di lap top, dan segera mengirimkan via email address, kalau dulu sih menggunakan jasa pos, sampai petugas di loket pos pun mengenali saya, terlalu seringnya bolak balik ke kantor pos.
Saya meminta informasi lowongan pekerjaan juga dari teman-teman kuliah ataupun rekan kerja di perusahaan konsultan atau mengirimkan surat lamaran ke perusahaan yang saya incar, meskipun pada saat tersebut tidak ada iklan lowongan, biasanya kalau menggunakan cara mencari pekerjaan ini harus sabar, karena hasilnya terkadang baru kelihatan setelah beberapa bulan kemudian, dan hal ini tidak menjadi masalah, karena saya pun masih bekerja di perusahaan.
Pada saat ini untuk membuat surat lamaran dan curriculum vitae yang baik dan efektif pun, tidak sesulit dulu, kita tinggal search di googles, begitu banyak template surat lamaran dan CV yang baik, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Indonesia.

Surat lamaran dan curriculum vitae yang baik didukung dengan pengalaman bekerja di berbagai perusahaan yang sebelumnya, membuat kita lebih mudah mendapat panggilan untuk test wawancara dibandingkan dengan surat lamaran dan CV yang standard.
Setelah mengikuti serangkaian test, wawancara sangat menentukan seorang kandidat diterima atau tidaknya di suatu perusahaan, seorang fresh graduate seringkali mengalami kegagalan dikarenakan kurangnya rasa percaya diri pada saat menghadapi wawancara kerja.
Beberapa tips wawancara kerja yang efektif, berdasarkan pengalamanku saat mencari pekerjaan dan menyeleksi calon karyawan.
Setelah mengikuti serangkaian test, wawancara sangat menentukan seorang kandidat diterima atau tidaknya di suatu perusahaan, seorang fresh graduate seringkali mengalami kegagalan dikarenakan kurangnya rasa percaya diri pada saat menghadapi wawancara kerja.
Beberapa tips wawancara kerja yang efektif, berdasarkan pengalamanku saat mencari pekerjaan dan menyeleksi calon karyawan.
- Berpenampilan yang baik saat akan melakukan wawancara kerja, kesan pertama sangat menentukan saat kita akan bertemu dengan pewawancara.
- Pemilihan busana kerja dengan model simple, rapi, warna netral, hindari penggunaan assesoris yang berlebihan, kecuali perusahaan yang dituju bergerak di bidang fashion.
- Bersikap sopan santun, ramah dan sabar, saat menunggu tibanya giliran untuk wawancara.
- Percaya diri dan yakin akan potensi serta kemampuan yang kita miliki, adalah modal utama saat melakukan wawancara kerja.
- Usahakan menjawab pertanyaan pewawancara dengan singkat, jelas, padat dan fokus.
- Menyiapkan jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pewawancara, seperti deskripsi singkat tentang diri kita, alasan pindah bekerja, orientasi target jabatan dalam beberapa tahun mendatang, apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita, bagaimana kita menghadapi tekanan dan stress dalam dunia pekerjaan dan pertanyaan umum lainnya.
- Ada baiknya kita mengetahui company profile untuk perusahaan yang kita lamar, dengan teknologi internet, dengan mudah kita dapat mengetahui company profile sebuah perusahaan atau bisa menanyakan secara singkat saat ada panggilan untuk wawancara.
- Ajukan beberapa pertanyaan dengan singkat dan jelas seputar perusahaan, group perusahaan, prospek usaha dan jenjang karir di perusahaan tersebut, jika kita diberi kesempatan untuk bertanya.
- Pada akhir wawancara, ucapkan terima kasih dan senyum yang tulus atas kesempatan yang diberikan oleh pewawancara.
- Berdoa agar wawancara berjalan dengan lancar dan hasil sesuai dengan yang kita harapkan.
Semoga tips ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari pekerjaan, sukses selalu dan tetap semangat.
Salam sukses,
Salam sukses,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar