Selasa, 23 Agustus 2011

Menghargai Karyawan dan Staff anda


Menghargai Karyawan dan Staff anda
Ketika saya diundang ke sebuah restoran oleh client saya, saya diantarkan ke sebuah ruangan nan indah yang menjadi tempat pertemuan/ruang rapat mereka. pada dinding ruang depan, saya melihat ada beberapa bingkai berisi foto "Best Employer of The Year". wajah mereka tampak keras dan matanya bersinar, tanda kebulatan hatinya. saat itu tiba-tiba saya teringat akan pepatah bisnis, "Manusia akan bekerja demi penghargaan serta uang".
Isi dri pepatah ini bukan hanya berlaku bagi kaum kapitalis saja. jadi, bukanlah konsep yang hanya berlaku pada beberapa kelompok orang saja. prinsip ini memang prinsip yang dimiliki setiap manusia. para psikolog mengatakan bahwa "Penghargaan yang diberikan oleh teman-teman" merupakan salah satu kebutuhan psikologis yang paling mendasar dalam kehidupan seorang manusia. kita semua harus memilikinya dandengan cara apa pun kita akan berusaha untuk mendapatkannya.

salah satu rahasia sukses dalam mengembangkan bisnis anda adalah dengan melakukan penghargaan buat karyawan dan staff terbaik anda. artinya anda harus royal dan juga efektif dalam memberikan penghargaan kepada karyawan dan staff anda, seakan akan anda membagi-bagikan uang pada mereka.

ingat selalu bahwa orang akan bekerja demi uang dan penghargaan. sebagai contoh, kita memang dilarang untuk membeli peralatan mesin cetak untuk kemudian dipakai untuk mencetak uang palsu. tapi kalau mesin itu lalu kita pakai untuk mencetak surat tanda penghargaan atau ungkapan rasa terima kasih, itu sah-sah saja! menangkap apa yang saya maksud disini. jadi sebenarnya anda bisa "membayar" orang agar mau bekerja dengan ungkapan kata-kata dan sikap anda, namun hal tersebut harus kita berikan secara tulus.

misalnya, anda bisa mulai dengan mencoba manghafalkan diluar kepala semua nama-nama karyawan dan staff anda beserta keluarganya. Dale Carnegie dalam bukunya yang terkenal Bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain, ada satu bab yang khusus membicarakan hal ini. dikatakan di situ bahwa "suara yang paling indah terkenal adalah takkala ada orang yg menyebut nama kita". jadi anda para owner bisnis, anda harus sering-sering menyebut nama-nama karyawan dan staff anda.

agar kita bisa belajar cara menghargai orang, kita juga harus menjadi pendengar yang baik. misalnya, dalam memimpin rapat, biarkan karyawan dan staff anda bicara mengenai diri mereka sendiri. lalu, kita harus memberikan reaksi dengan mengajukan pertanyaan. pasti mereka punya hal-hal yang bisa mereka banggakan. misalnya pencapaian mereka dalam aktifitas selama satu minggu atau bulan. pendeknya masih banyak lagi!!! setiap orang pasti memiliki keistimewaan.

sehubungan dengan hal tersebut di atas, guru-guru sekolah dasar sepakat bahwa mengajar pada dua puluh orang murid lebih mudah dari pada mengajar 3 orang murid saja. ini bisa terjadi, karena kalau bekerja dalam kelompok besar, masing-masing terdorong untuk berusaha untuk mendapatkan penghargaan sehingga mereka lebih bersemangat untuk mencapai yang terbaik. jadi, kalau kita berada dalam posisi sebagai seorang pemimpin dalam bisnis kita, kita harus mampu dan pandai menggunakan "jurus pemberian penghargaan" ini. dengan posisi tersebut, kita merupakan guru atau juga moderator yang mengarahkan  mereka. semoga bermanfaat untuk kemajuan bisnis anda. Indahnya berbagi.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...